Selasa, 29 September 2009

Pasien Tanggal 29 September 2009

Mulai hari ini insya Allah saya akan posting pasien harian saya biar saya memiliki catatan online mengenai mereka. Semoga bisa rutin.

Kemarin sore (29/9) saya didatangi Bu Munarsih dari Karangsari (adik Bu Sunarti yang sembuh dari gondok) mengeluh lututnya sakit. Bagian belakang lutut saya akupunktur, bawahnya saya bekam kanan kiri. Bagian depannya saya akupunktur. Saya beri jamu herbal untuk asam urat, sebagai pengurang nyeri. Saya beri 10 kapsul minyak habbah sauda’ untuk diminum setiap malam sebelum tidur 2 kapsul. Hari Jumat (2/10) sore saya suruh datang lagi.


Ba’da Isya’ datang pasien dari Jombang kencing manisnya kambuh. Terakhir terapi sebenarnya sudah normal. Saya tes dengan acak (tanpa puasa) terakhir kadar gulanya sekitar 130 mg/dL, kemarin 235 mg/dL. Kesimpulannya kadar gulanya naik. Ketika hari raya dia tidak kontrol makanan. Hal itu diperparah dengan jempol kaki kanannya bengkak, ukurannya sampai dua kalinya. Bagian bawah jempolnya ada beberapa lubang bekas keluarnya nanah. Kedua telapak kakinya tidak terasa. Saya akupunktur daerah bawah dan atas telapak kakinya. Terutama di sekitar jempol kanannya. DI tangan saya akupunkutur titik Cu San Li, He Ku dan Ci Ce. Jempol kakinya saya olesi minyak zaitun dan saya perban. Saya bawakan minyak zaitun, saya suruh supaya jempolnya selalu diolesi minyak zaitun. Saya beri minum jamu bersih darah. Sekitar seminggu saya suruh datang lagi.


Setelah itu saya menangani Bu Gi dan Pak Gi. Teman guru di SMAN 1 Pacet. Bu Gi mengeluhkan kakinya. Karena dia di rumah punya toko kelontong dan alhamdulillah laris, kakinya sering sakit. Saya lihat terdapat banyak varises tingkat sedang, melalui palpasi betisnya banyak terjadi penggumpalan. Saya akupunktur di betis belakang dan telapak kaki bagian bawah. Lalu bagian betis depan dan telapak kaki bagian depan. Saya beri kapsul habbah sauda’ untuk diminum 2 kapsul setiap malam sebelum tidur. Dan saya beri jamu asam urat.


Untuk Pak Gi, saya bekam kering bagian punggung, pundak, leher dan betis belakang. Terihat banyak penggumpalan di punggung sehingga sering capek. Saya akupunktur 10 titik di punggung. Saya akupresur telapak tangan, kepala, leher, dan kaki. Saya beri jamu pegal linu, sehat pria dan saya campuri helbeh dengan 1 butir kuning telur.


Semoga Allah menyembuhkan mereka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar